Cerita ini gw tulis tahun 2017 yang lalu. Gw sebagai Investor di STASASHI pada waktu perusahaan ini masih kecil dengan kantor yang kecil pula. Untuk menghindari kesalahpahaman atas judul tulisan artikel ini, maka saya tegaskan bahwa STASASHI bukan penipuan. Bahkan, kalau di hitung- hitung, saya malah sudah untung invest disana.

Sekarang, STASASHI atau P2Pinvasia telah memiliki kantor yang besar, dan telah terdaftar sebagai Perseroan Terbatas (PT). Gw merasa beruntung telah berkontribusi dulu ketika perusahaan ini masih kecil. Hanya dalam beberapa tahun, perusahaan ini berkembang pesat. Saya yakin, beberapa tahun kedepan nya, perusahaan ini akan menjadi perusahaan yang sangat besar.

Dibawah ini adalah artikel asli yang gw tulis tahun 2017 yang lalu

P2PInvasia ?. What?. Perusahaan Crowfunding pendanaan bisnis itu?. Itu katanya P2PInvasia atau  stasashi penipuan ya?. Oh.. Oh.. Oh… Gw salah satu investor disana, dan gw bakal kasih cerita ke elu- elu pada tentang apa yang ada di balik stasashi tersebut. Sebelum gw ke poin nya, gw cerita dulu latar belakang nya. Tahun 2016 di bulan Mei, gw mendapatkan tawaran dari temen untuk mencoba stasashi, sebuah perusahaan startup yang KATA NYA… bisa mengubah besi jadi emas, dan mengubah air menjadi coca cola. Hahahaa (Canda Bray)… gw juga sanksi, beneran gak tuh provitable disana bisa sangat tinggi?. Tapi, karena yang bilang teman gw sendiri, dan dia juga invest disana, maka gw coba aja. Toh, gw nyoba pakai modal 5 juta doank. Bagi gw, kehilangan 5 juta gak jadi masalah, toh nyokap gw punya toko sepeda yang laris manis, banyak pelanggan nya, dan uang gw mengalir dari sana.

Sejarah Cerita gue invest di P2PInvasia

Jadi, di waktu itu juga, investasi lah gw kesana. Itung- itung buang duit. Hahahaaa. Bulan pertama lancar, bulan kedua sangat menggembirakan, dan bulan ketiga, gw dapat provit yang lumayan gedhe… hingga akhirnya… bulan ke empat, uang gue kembali. Bulan ke enam, karena ketambahan investor, provit jadi mengecil. Tapi, it’s OK, masih menghasilkan, cukup lah pendapatan pasif dari sana untuk shoping ama pacar :v … hingga akhirnya, sekitar bulan juni 2017, ketika si stasashi itu mengeluarkan startup- startup baru dengan visi membawa nya menjadi perusahaan besar skala nasional, pendapatan gw semakin menyusut. Apakah iya kalau STASASHI Benarkah bisa memberikan provit berkali lipat?

Hingga akhirnya, pendapatan gw dari startup yang gw danai, tidak ada lagi. Gw tanya sama pengelola utama nya yang bernama Willy itu, jawaban nya lelet banget. 3 hari baru di balas. Akhirnya, gw maki- maki dia lewat chat. Eh, malah setelah itu, aku tanya gak di bales, sampai 1 minggu baru di bales. Merasa jengkel karena gw adalah investor, yang berarti juga owner dari pemilik bisnis yang dikelola nya, dan dia adalah sebagai karyawan gue, akhir nya gw ngambil tindakan untuk nyamperin mereka ke kantor nya yang ada di graha fatro tersebut. Tentu aja, gw bawa polisi, tapi buat nakut- nakut in aja. Gak buat menjarain si pengelola nya.

Gue Samperin Pengelola P2PInvasia di kantor nya

Ketika gw nyamperin di kantor pagi hari, ada beberapa orang di sana. Gw lalu tanya, dimana manajer utama stasashi?. Lalu, di jawab salah seorang yang ada disana; “sedang istirahat pak”. Gw langsung kasih perintah “Bangunin dia”. Enak aja tidur- tiduran, provit gak masuk, malah pagi- pagi tidur. Setelah di bangunin, gw tanya baik- baik, sambil geram- geram juga sih. Hahaa. “Ini kenapa kok bisnis gak menghasilkan keuntungan?, bangkrut ya?”. Lalu dia menjelaskan panjang lebar, tapi gak gw gubris dan gak gw dengerin. Langsung saja gw karena dah budeg denger celotehan nya yang gak aku ngerti, gw langsung to the poin aje “ini bisnis harus jalan. Gw tunggu pokok nya provit nya bulan depan”. Langsung gw pergi dari kantor mereka itu.

Satu bulan setelah itu, provit gak kunjung masuk. Pikir gw, halah, anj*nk, gak provit aja gw dah untung hampir 4 juta selama beberapa bulan, ngapain gw repot mesti ngurusin itu. Tapi, gw mikir nya gini, nah kalau gw sebagai investor lama modal gw sudah balik, dan sudah dapat untung juga, tapi gimana dengan investor baru?. Pasti mereka yang daftar di pertengahan tahun 2017 di stasashi, gak dapat untung sama sekali disana. Karena merasa ini berbahaya, gw sebarkan lah postingan di sosmed yang mengatakan kalau stasashi itu penipuan, dan siapapun jangan sampai invest disana.

Ups, postingan gue jadi viral !!!

Ternyata, postingan gw di sosmed di cari banyak orang. lihat aja, sekarang kalau lu nulis stasashi, muncul kan tulisan “stasashi penipuan”. Hahahaa. Setelah gw merasa tugas suci gw terpenuhi, gw gak memperdulikan lagi ama yang nama nya stasashi itu. Yang penting, duit gw dah balik, gw dah dapat untung hampir 100% dari dana yang gw invest kesana. Namun selain itu bukan gue saja yang mengupas tentang P2PInvasia atau STASASHI banyak orang juga melakukan hal yang sama ke dalam Daftar Artikel Rujukan mengenai P2Pinvasia.

Akhirnya, gw bangun usaha sendiri. Usaha gw berbeda dari nyokap gw yang jualan sepeda. Gw buka café di semarang city. Sewa tempat sampai ratusan juta rupiah. Gue yakin, daripada invest kecil di stasashi, lebih baik gw bangun bisnis sendiri dengan dana yang besar dan keuntungan nya juga bakal besar juga. Singkat cerita, gue berhasil mendirikan café dari nol sampai berdiri, dalam waktu 4 bulan saja. Modal yang gue keluarin cukup banyak bos. Sewa tempat di tengah kota butuh uang ratusan juta. Total modal gw hampir setengah miliyar.

Baca juga mengenai 8 Jenis Bisnis Menjanjikan tahun 2018- 2019

Cerita bangun bisnis sendiri

Setelah café berdiri, akhirnya gw cari pekerja, dan jalan lah café itu. Tapi, provit yang dihasilkan gak sebanding dengan jumlah pengeluaran yang gw keluarin tiap bulan. Selalu minus, dan selalu minus terus. Gw caci maki para pegawai gw yang gak becus kerja, eh malah mereka pada keluar. Kondisi semakin memburuk terus tiap bulan. Ada yang korupsi lah, ada yang gak kerja dengan bener lah, banyak pekerjaan berantakan lah, wuuah… susah bener ternyata mendirikan bisnis.

Hingga akhirnya, gw tanya nyokap gw; “pah, dulu papah mendirikan bisnis ini butuh berapa lama hingga punya 4 toko sepeda ini?”, dan dia jawab “10 tahun”. Woooh. Gw gak mungkin nunggu agar bisa berhasil sampe 10 tahun gini. Anj*nk. Baru gw sadar kalau mendirikan bisnis itu tidak mudah. Bahkan sulit nya minta ampun. Itu baru satu bisnis loh, dan gw hampir stress dan rugi besar gegara itu.

Akhirnya, gw iseng lihat laporan arus kas gw di P2PInvasia. Oh ya, ternyata ada masukan beberapa bulan ini meski gak banyak. Ada pula notif kalau startup yang gw danai mau di tutup dalam beberapa bulan mendatang, karena tidak memiliki market yang besar; kata Pengelola stasashi nya itu. Setelah gw lihat- lihat di situs P2PInvasia, ternyata ada puluhan usaha yang dikembangkan stasashi tersebut. Nasib investor yang berinvestasi di startup yang sama kayak gw, dah termasuk untung besar. Gw gak tahu gimana nasib investor di startup lain yang juga ditutup oleh si manajer Willy itu.

Ilmu si Manager yang sudah tingkat dewa

Gak bisa gw bayangin, bagaimana bisa satu orang menghandle banyak bisnis secara langsung kayak manajer stasashi tersebut. Karena dapat pemberitahuan ini, gw kemudian nyamperin si pengelola nya ke kantor nya langsung. Ketika gw datang, si manajer pada pukul 9:00 pagi, masih tidur. Gw males komen soal ini waktu itu. Tapi ada rekan kerja mereka yang dulu aku temuin, yang langsung membangunkan manajer stasashi. Sebagai referensi juga mengenai platform bisnis dan investasi dengan return ribuan kali lipat

Setelah di bangunin, rekan kerja nya itu bilang “maaf, pak willy nya tadi malam mengerjakan pekerjaan nya sampai pukul 5 pagi. Makanya ketiduran sampai sekarang”. Oh, walah. Seribu sory lah kalau sebelum nya gw berprasangka buruk kalau si manajer willy itu orang yang malas.

Setelah ngobrol panjang lebar (kali ini penjelasan sang manajer gw dengerin dengan seksama), ternyata semua penjelasan nya masuk akal, tajam, logis, dan sangat- sangat penuh perhitungan. Gak bakal mampu gw kayak dia. Gw gak masalah kalau tuh usaha dah mau ditutup. Toh provit besar sudah gw dapatin. Mereka renacana mau berfokus untuk mengembangkan sdm, karena sdm adalah poin penting dalam mendirikan pembangunan perusahaan skala besar.

So, mungkin gue dapat karma 🙁

So, sory banget pada pak willy, kalau gw pernah ngumbar kebencian di sosmed tentang P2PInvasia. Dengan tulisan ini, gw sadar, kalau bisnis itu gak mudah. Selain itu juga gw ngga baca tentang Jaminan Keamanan Investasi (Official STAR SHARE).

Kamu yang mampu menghasilkan uang puluhan kali lipat dari hanya modal beberapa juta saja, gw acungin jempol. Beda sama gw, modal setengah Milyar, gak dapat apa- apa dan merugi. Mengingat butuh waktu lama untuk membuat sebuah perusahaan berdiri, dan gak gampang, so support aja manajer yang kamu kasih amanah modal tersebut. Meskipun rugi atau untung, selalu support mereka. Karena dalam bisnis, waktu 1 tahun menghasilkan keuntungan itu luar biasa hebat. Rata- rata orang butuh 5 tahun untuk membangun bisnis dari nol. Itu baru satu bisnis. Yang star share lakukan adalah mengelola puluhan bisnis. Gak kebayang ilmu nya setinggi apa. Salam damai.